Captain Marvel, film dan karakter superhero terbaru yang akan ditayangan oleh Marvel Studios. Bagi orang awam, tentu tidak tahu jika ada karakter bernama Captain Marvel di DC Comic. 

Yap, sebagian orang yang baru mengikuti film-film superhero pasti hanya tahu bahwa Captain Marvel berasal dari Marvel Comic, dan akan diperankan oleh Brie Larson sebagai Carol Danvers pada 2019 mendatang. Namun, di balik ketenaran Captain Marvel saat ini, terdapat beberapa fakta menarik, salah satunya adalah bahwa di DC Comic juga terdapat karakter yang bernama Captain Marvel.

Captain Marvel milik DC Comic juga akan memulai debutnya di layar lebar pada 2019 mendatang. Para pencinta DC Comic tentu tahu siapa sosok yang satu ini. Yap, sosok Captain Marvel milik DC, yaitu Shazam! Lalu kenapa Marvel juga memiliki karakter bernama Captain Marvel?

Semenjak kemunculan tokoh Superman pada tahun 1939, banyak penerbit maupun penulis yang ingin menciptakan karakter Superhero-nya sendiri. Salah satunya adalah penerbit Fawcett Comics. Mereka menciptakan tokoh bernama Captain Marvel alias Shazam. Namun DC akhirnya menuntut Fawcett karena alasan hak paten, Captain Marvel dinilai memiliki banyak kesamaan dengan tokoh Superman.

Akhirnya, pada tahun 1953, Fawcett Comics tidak lagi memunculkan karakter Captain Marvel mereka, tapi justru di situ Marvel Comics menciptakan karakter bernama Captain Mar-vell yang merupakan sosok Captain Marvel pertama dalam Marvel Comics. Namun akhirnya DC juga mengambil karakter Shazam pada tahun 1972 dan mulai mengembangkan ceritanya sendiri, tapi Marvel Comics yang sudah terlebih dahulu merilis Captain Marvel pada 1967. 

Sampai akhirnya pada tahun 2011 DC akhirnya menggunakan nama Shazam untuk menggatikan nama Captain Marvel. Dan juga DC sedikit mengubah mantranya. Kata SHAZAM tidak hanya memberikan efek perubahan untuk Billy, namun juga untuk melemparkan mantra kepada musuhnya. 

Captain Marvel/Shazam!

Billy Batson merupakan sosok di balik Captain Marvel milik DC. Ia merupakan anak yatim piatu yang bermasalah. Ia kemudian diasuh oleh keluarga Vazqueeze. Di sana ia bertemu orang tua dan saudara angkatnya. 

Billy mendapatkan kekuatannya setelah bertemu seorang penyihir bernama Shazam. Saat pertemuannya itulah Billy mendapatkan kekuatan supernya. Dengan hanya mengucapkan mantra Shazam!, maka ia akan berubah menjadi sosok orang dewasa yang memiliki kekuatan layaknya dewa. 

Nama Shazam sendiri merupakan sebuah singkatan dari para dewa yang memberinya kekuatan di antara lain Salomon, Hercules, Atlas, Zeus, Achilles, dan Mercury. Masing-masing dewa memberikan makna tersendiri, yaitu wisdom of Salomon, strength of Hercules, stamina of Atlas, power of Zeus, courage of Achilles, speed of Mercury.

Shazam merupakan mantra bagi Billy Batson jika ingin mengubah dirinya menjadi sosok Captain Marvel ataupun sebaliknya untuk kembali ke wujud asalnya. Shazam diberikan tugas untuk menjaga Rock of Eternity, tempat bagi para penyihir hebat. Jadi sebenarnya kekuatan milik shazam bisa dikatakan sebagai sihir.

Shazam sekilas memiliki kekuatan yang mirip dengan Superman seperti kecepatan terbang maupun super strength, namun kelemahan Shazam adalah dirinya yang terkadang bersikap seperti anak-anak.

Billy Batson sangat menjaga identitasnya yang merupakan seorang bocah yang berubah menjadi orang dewasa. Ia menjaga identitasnya karena sering kali dianggap remeh sebagai seorang anak kecil. 

Sebenarnya agak riskan bagi Billy untuk menggunakan nama Shazam saat memperkenalkan dirinya di depan anggota Justice League maupun musuhnya. Karena jika ia menyebutkan nama Shazam, baik sengaja ataupun tidak, ia akan berubah wujud. Sehingga yang tahu akan wujud asli dari Shazam adalah saudara angkatnya yang bernama Freddy Freeman.

Baca Juga: Captain Marvel

Pada filmnya 2019 nanti akan menceritakan origin story dari Shazam itu sendiri, untuk lebih memperkenalkan sosok paling muda dari anggota Justice League ini. Shazam sendiri akan diperankan oleh Zachary Levy yang sebelumnya bermain di film Thor sebagai Fandral teman baik Thor, lalu sosok Billy Batson sendiri akan diperankan Asher Angel. 

Nantinya yang akan menjadi musuh utamanya adalah Dr. Sivana. Kita mungkin tidak akan melihat sosok Black Adam yang merupakan musuh bebuyutan Shazam. Namun Black Adam sendiri sudah dikonfirmasi akan diperankan oleh Dwayne Johnson dan akan mendapatkan film solonya.

Film Shazam sendiri diharapkan mampu mengubah image dari DC yang selalu dark. Tentu akan sulit melihat sosok Billy Batson yang seorang bocah membunuh secara sadis. Tentunya DC akan lebih menonjolkan bagaimana sosok kocak dari Shazam, bertubuh orang dewasa, berkekuatan dewa, namun memiliki jiwa seorang bocah. Semoga tidak mengecewakan!