Setiap orang mendambakan kulit yang bersih, cerah, dan sehat yang jauh dari kata kusam. Tidak hanya kaum wanita, bahkan kaum pria akan resah saat melihat kulit wajah yang kusam dan berjerawat.

Bagi kaum wanita, mereka rela menguras dompet hanya untuk melakukan perawatan wajah yang maksimal. Mulai dari ke salon atau ke dokter kecantikan untuk mendapatkan wajah yang cerah dan sehat.

Kulit wajah yang kusam, kering, dan berjerawat disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari paparan sinar matahari, polusi, penggunaan make up, stres, dan lain-lain. Karena kulit wajah yang bermasalah akan mengurangi rasa percaya diri seseorang.

Salah satu cara perawatan kulit wajah yang paling murah dan mudah, yaitu dengan melakukannya sendiri di rumah. Menggunakan bahan-bahan yang alami seperti bumbu-bumbu dapur.

Siapa sangka, ternyata bumbu dapur memiliki banyak manfaat bagi perawatan wajah dan juga tanpa efek samping. Selain itu juga, perawatan ini tak perlu mengeluarkan banyak biaya, cukup memanfaatkan rempah-rempah yang kita temukan di dapur.

1. Kunyit

Kunyit merupakan rempah yang pastinya ada di dapur. Bahan dapur ini mampu mencerahkan kulit wajah, karena kandungan anti oksidan yang terkandung didalam kunyit mampu mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit akan terlihat lebih cerah.

Kandungan Vitamin C sangat berkhasiat untuk menghilangkan kerutan akibat penuaan serta bisa meredakan mata panda. Tidak hanya mencerahkan wajah, kunyit juga mampu mengatasi masalah rambut, seperti ketombe serta sebagai anti inflamasi dan antikanker.

Buatlah masker atau lulur dengan takaran 2 sendok  makan bubuk kunyit, 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok makan susu segar dan 1 sendok makan jus tomat. Balur dan pijat sedikit masker atau lulur secara merata pada wajah, leher, tangan dan kaki. Kemudian, diamkan hingga mengering lalu bersihkan menggunakan air dingin.

2. Bawang putih

Seperti yang kita ketahui bahwa bawang putih memiliki aroma yang khas. Namun, di balik aromanya yang menyengat, bawang putih mengandung banyak khasiat untuk kecantikan.

Bawang putih dapat meredakan jerawat yang meradang, menghaluskan kulit muka, serta mencegah gejala penuaan dini. Tentunya tanpa efek samping.

Caranya mudah, cukup haluskan 2 siung bawang putih kemudian oleskan pada jerawat yang meradang, lalu diamkan selama 15 menit. Lakukan cara ini pada saat malam hari.

3. Jahe

Rempah yang satu ini sering digunkan untuk meredakan sakit tenggorokan dan menghangatkan badan. Selain itu, jahe juga digunakan banyak orang untuk program diet.

Selain itu, ternyata jahe mempunyai manfaat luar biasa untuk membersihkan kulit secara mendalam, terutama untuk jenis kulit berminyak. Irisan jahe dapat memperlancar sirkulasi pada kulit sehingga kulit dapat kembali segar.

Caranya iris tipis jahe, kemudian oleskan irisan jahe ke permukaan kulit yang kotor dan berminyak. Diamkan hingga sari-sari jahe meresap ke dalam kulit kurang lebih 20 menit. Kemudian, bersihkan dengan handuk yang udah diberi air.

4. Gula Merah

Anda yang memiliki pori-pori besar di wajah,  kini tak perlu lagi khawatir. Gula merah mungkin bisa menjadi solusi untuk anda.

Caranya dengan mengiris tipis gula merah lalu campurkan dengan madu murni. Oleskan scrub dari gula merah ini pada kulit yang berpori-pori besar dengan sedikit pijatan, dan rasakan khasiatnya.

5. Garam

Garam merupakan bumbu penyedap yang tidak boleh ketinggalan dalam membuat makanan. Selain sebagai bumbu penyedap, ternyata garam memiliki sejuta manfaat untuk kecantikan.

Khasiat garam dapat mengurangi masalah jerawat, mengontrol miyak berlebih, bisa juga untuk detoks wajah. Bahkan garam mampu mengangkan sel-sel kulit mati, sehingga kulit akan terlihat lebih bersih.

Cara cukup mencampurkan garam dengan minyak zaitun. Oleskan scrup ke bagian kulit wajah secara merata lalu bilas dengan air bersih.

6. Lengkuas

Bumbu dapur yang bentuknya mirip dengan jahe ini biasanya digunakan sebagai obat tradisional. Selain itu lengkuas juga dapat menghilangkan jerawat dan flek yang ada di wajah.

Caranya anda cukup mengoleskan minyak lengkuas ke arah jerawat. Selain untuk menghilangkan jerawat diwajah, ternyata lengkuas juga bisa menghilangkan panu di badan.

7. Beras

Campurkan tepung beras dengan satu sendok madu dan aduk hingga merata. Oles serta pijat secara perlahan scrub ini di wajah anda selama 15 menit, lalu bersihkan dengan air dingin.

Scrub beras dengan madu dapat membantu mengangkat sel kulit mati sekaligus membuat wajah tampak lebih kinclong. Sebab madu mengandung anti inflamasi yang dapat membuat kulit wajah tetap sehat. Sedangkan beras berfungsi menyingkirkn sel kulit mati pada wajah.

8. Kopi

Dengan menggunakan masker kopi, kamu bisa menghilangkan keriput di wajah. Selain itu, kopi juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah, sehingga wajah tambah lebih cerah.

Caranya dengan mencampurkan 2 sendok makan kopi dan sebutir putih telur lalu aduk hingga merata. Oleskan  pada wajah kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bersihkan dan kamu akan terlihat lebih segar.

9. Teh

Ampas kantung teh yang biasanya kamu buang ternyata mempunyai sejuta manfaat bagi wajah. Ampas kantung teh  ini bisa digunakan sebagai masker mata. Khasiatnya mampu menghilangkan mata panda akibat begadang.

Caranya mudah, hanya dengan menempelkan ampas kantong teh ke mata. Diamkan hingga 15 menit.

10. Jeruk nipis

Punya masalah dengan jerawat dan bekasnya. Mungkin jeruk nipis bisa membantu masalah anda. Cukup iris tipis jeruk nipis, lalu gosok pelan disekitar area wajah dan diamkan hingga mengering. Lalu bilas dengan air bersih.

Jeruk nipis berkhasiat untuk menghilangkan jerawat dan mengurangi minyak berlebih di wajah. Selain itu, jeruk nipis juga berkhasiat menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan wajah.