Generasi milenial terlanjur meremehkan belajar beragam bahasa. Dengan melihat zaman yang sangat berkembang ini, kita sangat butuh belajar beragam bahasa-bahasa terutama bahasa internasional yaitu bahasa Inggris. Untuk masuk ke sekolah saja, kita perlu mengikuti tes bahasa inggris yang sepertinya hampir seluruh anak-anak Indonesia tidak menyukainya. 

Karena itulah teman-teman harus menerapkan pembiasaan menggunakan bahasa Inggris dari masa dini. Tak banyak pula para orang tua yang sulit atau pun tidak bisa berbahasa Inggris. Maka dari itu disini ada solusi untuk masalahnya. 

Anak-anak lebih suka berlama-lama memainkan jarinya dengan satu barang yang sangat digemari dikalangan anak muda Indonesia, yaitu handphone. Menurut http://m.bangsaonline.com. handphone dapat mengakibatkan kecanduan. Walau begitu, kita dapat meminimalisir masalah tersebut dengan mengganti kecanduan mereka terhadap pembelajaran bahasa Inggris. Bahkan tidak hanya bahasa Inggris, beberapa bahasa lain di berbagai belahan dunia juga bisa dipelajari pada aplikasi yang satu ini.

Aplikasi yang akan memperluas kemampuan bahasa anak milenial ini adalah aplikasi Busuu. Aplikasi ini merupakan aplikasi terbaik dengan beberapa program yang unik untuk dipelajari. Aplikasi yang dibuat oleh dua pemuda berwajah tampan dengan kulit putih dan berbadan ideal ini sebut saja, Benhardd Niesner dan wakil pendirinya Adrian Hilti. Aplikasi yang mereka buat ini dibuat pada tahun 2008 dan menciptakan aplikasi dengan rata-rata kurang lebih penggunanya adalah 80 juta jiwa. 

Kursus bahasa ini telah dirancang dengan saksama oleh tim pakar pendidikan internal yang bekerja keras untuk menemukan cara optimal mengajarkan beragam bahasa. 

Busuu menawarkan kursus 12 bahasa yang meliputi empat keterampilan bahasa utama yaitu membaca, menulis, mendengarkan, berbicara mulai dari tingkatan SMP sampai SMA. Busuu ini didukung oleh tim native speaker atau penutur asli dari 12 negaranya yaitu Inggris, Prancis, Jerman, Arab, Belanda, Italia, Cina, Jepang, Brazil, Spanyol, Rusia, dan Turki. 

Sebagaimana semestinya, guru-guru disekolah biasanya akan memberikan materi yang terkadang akan diulang disetiap pertemuan. Nah, dengan program Busuu ini kita bisa memilih materi yang baru yang ada disekolah. 

Jadi, kita bisa mengenal materi baru terlebih dahulu dari pada teman-teman kita yang lainnya. Materi-materi di Busuu ini bisa diunduh secara offline. Disaat kalian tidak punya kuota pun kalian bisa mengisi waktu-waktu kalian dengan belajar bahasa Inggris dari pada melihat sosmed.

Kita semua bisa mendapatkan banyak manfaat dari aplikasi Busuu ini. Dengan anggota mereka yang rata-rata kurang lebih beranggotakan 80 juta orang. Kita bisa mempraktikkan kemampuan berbicara bahasa asing kepada orang asingnya langsung. 

Selain berbicara langsung, kita juga bisa mempraktikkannya lewat tulisan. Jika ada kesalahan, maka penulisan yang salah tadi akan diberikan koreksi atau umpan balik dari pengoreksi yang kita pilih. Kita juga bisa memasukkan si pengoreksi sebagai daftar teman kita. Ternyata, aplikasi ini juga bisa membuat kita berkenalan ria bersama orang-orang yang bahkan bukan dari negara kita ya!.

Seperti yang dikutip dari https://lampuhijau.com/ “Disetiap unit kalian juga dapat memainkan kuis sederhana, tebak kata, serta puzzle menyusun sebuah kalimat yang juga bisa dimainkan di waktu senggang untuk mengasah daya ingat kalian. 

Jika kalian bersedia untuk membayar biaya menjadi langganan Busuu, maka kalian akan diberikan tambahan 300 kategori unit lagi serta tambahan fitur-fitur yang menarik lainnya. Mulai dari track travel course sampai tambahan kuis. Busuu juga dipresentasikan dengan visual yang sederhana. 

Tapi meski begitu, dalam aplikasi ini kita tidak akan melihat tayangan iklan sama sekali. Jadi cukup nyaman untuk kita gunakan”. Sama juga seperti yang dikutip dari https://www.blackxperience.com  “Busuu juga memiliki elemen layaknya sebuah game sehingga pengguna tidak merasa sedang belajar dan akan ketagihan belajar bahasa asing”. Sangat menarik untuk dipelajari bukan?. 

Berdasarkan pendapat-pendapat mereka juga yang menggunakan Busuu, terungkap  fakta bahwa 22 jam belajar dengan Busuu Premium setara dengan belajar bahasa satu semester di perguruan tinggi dan setiap mereka yang bersungguh-sungguh akan mengalami peningkatan setelah belajar dengan Busuu selama 16 jam.

Jangan meragukan tingkat ukuran hasil pembelajarannya, karena Busuu ini telah diteliti oleh peneliti dari City University of New York dan University of South Carolina untuk mengukur hasil pembelajarannya. Seperti yang sudah dijelaskan, aplikasi ini sangat disukai karena mereka menyediakan program offline agar kita dapat mengakses pembelajarannya tanpa menggunakan kuota. 

Menurut Gunsight, aplikasi yang dibuat oleh Benhardd Niesner dan Adrian Hilti ini merupakan kursus bermutu tinggi. Begitu pula dengan pendapat si cantik Sylvia “Busuu menyediakan layanan yang luar biasa untuk pelajar bahasa dan saya senang belajar bersama mereka. Sangat merekomendasikannya kepada siapa saja yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa mereka”. 

Sebaiknya para orang tua dirumah harus membagi waktu bermain handphone anak setidaknya 1 jam dan dilanjutkan dengan pembelajaran dengan Busuu ini. Hendaknya juga orang tua harus menemani anak saat sedang belajar, agar pembelajaran lebih serius dan tidak menyia-nyiakan waktu yang telah memotong waktu bermain anak.