Infeksi virus Corona disebut dengan COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan sangat cepat dan telah menyebar ke hampir semua negara, termasuk di Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan. Virus corona mulai masuk ke Indonesia ditandai dengan dua orang yang terjangkit atau positif virus corona di Depok, Jawa Barat. 

Hal tersebut diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, tepatnya pada tanggal 2 Maret 2020 di Jakarta. Setelah viris corona ini masuk ke Indonesia dan menyebar sangat cepat, pemerintah mulai membuat kebijakan-kebijakan agar dapat memutuskan rantai penyebaran dengan mengadakan pembatasan jadwal angkutan umum, menutup sementara tempat-tempat wisata, bahkan kebijakan terkait pendidikan pun tekena imbasnya, yaitu pelaksanaan pembelajaran dilakukan di rumah dan pembatalan ujian nasional. 

Pembelajaran dilakukan di rumah disebut juga dengan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh), Pendidikan jarak jauh adalah pendidikan yang peserta didiknya terpisah dari pendidik dan pembelajarannya menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi komunikasi, informasi, dan media lain. 

Demikian menurut Pasal 1 UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dengan adanya kebijakan pelaksanaan pembelajaran dilakukan di rumah, banyak guru maupun siswa yang tidak siap untuk menjalani sistem pembelajaran tersebut. Di sinilah peran guru yang kreatif agar dapat menyampaikan pembelajaran yang membuat siswanya paham dengan apa yang diterangkan atau disampaikan. 

Banyak media-media pembelajaran yang sudah memadai untuk berjalannya pembelajaran jarak jauh tersebut, contohnya aplikasi-aplikasi seperti google class room, google meet, zoom, whatsapp telegram, youtube, dan masih banyak aplikasi-aplikasi yang lainnya. Guru seharusnya tidak hanya memberikan tugas tanpa menerangkan materi terlebih dahulu, banyak guru yang salah menerapkan pembelajaran jarak jauh dengan hanya memberikan kepada siswa tugas-tugas saja. Hal ini sangat membuat kebingungan para siswa, bahkan orang tua siswa tersebut. Hal tersebutlah yang menjadi masalah dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh.

Media pembelajaran telekonferensi menjadi salahsatu solusi media dalam pembelajaran jarak jauh akibat pandemi virus corona. Dengan menggunakan media telekonferensi siswa akan mendapatkan pembelajaran serta dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan guru. 

Media telekonferensi merupakan percakapan langsung jarak jauh dengan media seperti televisi atau telepon. Telekonferensi adalah suatu sistem yang berbasis elektronik secara langsung antara dua orang atau lebih. Media pembelajaran ini cocok untuk pelajaran jarak jauh dikarenakan antara guru dan siswa dapat berinteraksi satu sama lain.

Terdapat aplikasi yang cocok untuk digunakan dalam media pembelajaran telekonferensi, tetapi banyak juga aplikasi yang tidak dapat digunakan untuk kelas besar. Sedangkan untuk pembelajaran jarak jauh dibutuhkan untuk kelas yang besar. Contoh aplikasi yang dapat digunakan secara kelas besar diantaranya yaitu zoom dan google meet

Aplikasi tersebut selain dapat digunakan sebagai telekonferensi secara audio tetapi juga sudah memadai dengan video. Hal tersebut lah yang membuat kedua aplikasi ini sebagai solusi untuk guru dalam memilih media untuk pembelajaran yang akan disampaikan. Aplikasi zoom maupun google meet merupakan perangkat lunak (software) video telekonferensi yang biasanya digunakan untuk rapat dengan cara berbagi layar hingga 100 pengguna. Aplikasi ini sangat mudah untuk didapatkan melalui google play store ataupun app store. Hal tersebutlah yang membuat dua aplikasi ini menjadi solusi media pembelajaran telekonferensi bagi guru.

Kelebihan dan Kekurangan 

Kedua aplikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kelebihan yang dimiliki aplikasi zoom yaitu 1) memiliki fitur chat; 2)video yang memiliki kualitas HD; 3) mendukung hingga 100 peserta; 4) terdapat vitur perekaman; dan 5) dapat digunakan untuk presentasi. 

Selain terdapat kelebihan aplikasi ini juga memiliki kekurangan antara lain 1) terdapat batas waktu yaitu 40 menit, jika ingin lebih menggunakan zoom pro dan berbayar; 2) keamanan data diri masih diragukan. Meski memiliki beberapa kekurangan tetapi aplikasi ini tetap digunakan untuk berdiskusi, rapat kerja, dan pelaksanaan pembelajaran. 

Selain aplikasi zoom terdapat juga aplikasi google meet merupakan aplikasi milik google yang juga merupakan aplikasi untuk telekonferensi. Google meet juga memiliki kelebihan yaitu, 1) dapat mendukung hingga 100 peserta rapat; 2) dapat berbagi layar atau presentasi; dan 3) mudah digunakan. Sama halnya dengan aplikasi zoom, aplikasi google meet juga memiliki kekurangan yaitu terdapat fitru yang berbayar.