Belajar agama mungkin membuat sebagian orang memiliki banyak sekali pertanyan - pertanyaan yang tidak mampu dijawab. Agama mengajarkan banyak hal mulai dari kehidupan hingga kematian bahkan kehidupan setelah kematian. Oleh sebab itu, sebagian orang mengatakan beberapa ajaran agama itu sulit dipercaya.

Contoh pertanyaan yang paling sering dilontarkan banyak orang adalah mengenai apa yang akan terjadi setelah kita meninggalkan dunia ini. Apakah tidak akan ada hal yang terjadi atau kita akan pergi ke suatu tempat yang disebut alam kubur atau akhirat untuk menebus dosa yang telah kita perbuat.

Menurut kepercayaan Hindu orang yang dinyatakan meninggal sebenarnya masih memiliki atma atau ruh yang hidup. Oleh sebab itu, orang yang meninggal dengan cara bunuh diri (ulah pati) merupakan perbuatan yang sangat tidak dibenarkan. 

Agama Hindu mengajarkan bahwa atma memiliki sifat yang kekal abadi. Bahkan setelah seorang manusia meninggal dunia pun atma tetap akan menjalani kehidupan setelah kematian.  Hal itu dinamakan reinkarnasi. 

Reinkarnasi merupakan proses lahir kembali. Atma dapat melakukan reinkarnasi jika selama hidupnya ia lebih banyak melakukan hal yang kurang baik. Reinkarnasi memiliki tujuan untuk memperbaiki apa yang telah kita perbuat. 

Salah satu kitab suci agama Hindu yaitu Bhagavad Gita, menyebutkan bahwa ada dua jalur perjalanan yang akan ditempuh atma setelah badan kasarnya meninggal. Dua jalur tersebut yang akan menentukan apa yang akan dialami oleh atma kita.

Jalur pertama disebut jalur Uttarayana atau jalur terang/jalur dewa, maka setelah raga meninggal atma dapat bertemu dengan brahman dan berakhir moksa. Sedangkan pada jalur kedua yang disebut jalur Daksinayana atau jalur gelap/jalur pitra, atma akan melalui proses reikarnasi untuk menebus segala perbuatan yang telah dilakukan. 

Agama Hindu mempercayai adanya karma phala. Ada 3 jenis karma phala yang dipercayai oleh agama Hindu, yaitu Sancita Karmaphala, Prarabdha Karmaphala, dan Kriyamana Karmaphala.

Sancita Karmaphala yang artinya hasil dari perbuatan kita terdahulu akan kita nikmati di masa sekarang.

Prarabdha Karmaphala artinya perbuatan kita di kehidupan sekarang hasilnya kita nikmati pula di kehidupan saat ini.

Kriyamana Karmaphala artinya hasil dari perbuatan pada masa sekarang akan kita nikmati di kehidupan yang akan datang. 

Karma phala membuat agama Hindu percaya dengan adanya reinkarnasi. Karena kedua hal tersebut diyakini saling berkaitan. Dengan adanya reinkarnasi maka dipercaya atma mampu memperbaiki kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan.

Proses reinkarnasi bisa menjadikan atma lahir kembali dalam wujud yang berbeda dari kehidupan sebelumnya. Atma tersebut bisa menjadi hewan, tumbuhan, dan tidak menutup kemungkinan kembali menjadi manusia.

Ada hal menarik yang terjadi saat atma lahir kembali menurut agama Hindu, yaitu ia akan kembali ke lingkungan keluarganya sendiri. Seperti contoh, dalam suatu keluarga ada seorang kakek yang meninggal dunia dan pada saat dia lahir kembali ia bisa menjelma menjadi cucunya sendiri. Istilah Bali dari kejadian tersebut adalah numitis atau numadi.

Melihat contoh kejadian seperti yang saya tulis di atas, maka bisa kita pikirkan kembali bahwa reinkarnasi memang benar adanya. Sebagai manusia tentu hal tersebut sangat sulit untuk dibuktikan dan dipercaya. 

Percaya atau tidak, ada beberapa kasus yang menyebutkan bahwa ada seseorang yang mampu mengingat bagaimana kehidupannya sebelum ia lahir kembali dalam raga yang berbeda. 

Guru saya pernah menunjukkan sebuah video dokumentasi yang menceritakan tentang seorang anak laki-laki yang mampu mengingat apa saja kejadian yang sudah ia alami di kehidupan sebelumnya. Dan apa yang anak tersebut katakan dapat dibuktikan dengan dokumen-dokumen yang ada.

Kejadian yang terdapat pada video tersebut menceritakan bahwa keluarga anak itu pada kelahirannya di masa lalu tidak ada hubungan dengan keluarganya pada kelahirannya saat ini. Hal itu tentu saja berbeda dengan yang dipercayai oleh agama Hindu. Namun, itu bisa membuktikan bahwa reinkarnasi memang ada. 

Kejadian - kejadian seperti contoh di atas memang tidak menutup kemungkinan untuk dikatakan tidak masuk akal, namun sekali lagi reinkarnasi sebenarnya memang terjadi. Dan agama Hindu merupakan salah satu agama yang mengajarkan dan mempercayai adanya reinkarnasi. 

Dalam ajaran agama, hal-hal yang tidak mampu dibuktikan pasti akan kita percayai bahwa ada sesuatu yang lebih besar dibalik terjadinya kejadian tersebut. Sama halnya dengan reinkarnasi, tidak semua orang mampu percaya bahwa reinkarnasi itu memang terjadi. 

Ketidakmampuan manusia untuk mengingat maupun mengetahui apakah mereka pernah lahir di masa lalu sebelum akhirnya dilahirkan kembali adalah penyebab dari ketidakpercayaan adanya reinkarnasi. 

Sains belum mampu membuktikan kebenaran adanya reinkarnasi. Namun, dalam ajaran Hindu reinkarnasi merupakan salah satu bagian dari lima dasar kepercayaan yang dipercayai oleh umat beragama Hindu. Jadi percaya atau tidak, reinkarnasi memang terjadi.