Berbicara Smartphone atau yang kita kenal dengan ponsel pintar dengan kamera yang bagus, siapa sih yang tidak tertarik untuk memilikinya? Bila ditanya, maka hampir semua orang sangat menginginkannya supaya bisa ber-selfie ria atau foto-foto pemandangan ketika melakukan travelling. Apalagi anak muda jaman sekarang yang doyan selfie, pasti hobi banget berfoto ria. Jujur saja!

Kamera merupakan salah satu fitur yang sering menjadi pertimbangan utama kebanyakan orang ketika membeli smartphone. Kamera smartphone bahkan dianggap oleh sebagian orang terutama para wanita sebagai hal yang lebih penting dari spesifikasi smartphone itu sendiri.

Kebanyakan orang menggunakan kamera smartphone untuk melakukan selfie, memotret suatu objek yang dianggap bagus untuk dipamerkan, mengabadikan momen tertentu bersama orang-orang terdekat dan scan dokumen. Sebenarnya ada banyak sekali fungsi dari kamera smartphone yang bisa kalian coba. Ini dia trik kamera smartphone yang sering sekali diabaikan oleh pengguna.

Inilah 5 fungsi kamera smartphone yang sering diabaikan oleh para penggunanya:

1. Mengecek Denyut Jantung

Jika kalian ingin mengukur detak jantung, kalian bisa melakukannya tanpa perlu membeli alat pengukur detak jantung. Cukup hanya dengan mengandalkan smartphone android akan bisa mengetahuinya.

Hal ini sangat berguna untuk mengecek kondisi kesehatan jantung kalian. Karena bisa mengetahui bagaimana denyut jantung sesaat sebelum tidur, bangun tidur, ataupun sebelum dan sesudah melakukan kegiatan olahraga.

Salah satu fungsi paling bermanfaat dari kamera smartphone yang bisa kalian coba adalah mengecek denyut jantung kalian. Tentunya untuk melakukan hal ini kalian memerlukan aplikasi tambahan seperti Instant Heart Rate yang memungkinkan kalian mengecek denyut jantung dengan hanya menempelkan jari telunjuk ke kamera smartphone.

2. Melihat Sinar Inframerah

Salah satu trik unik yang bisa kalian coba dengan kamera smartphone adalah melihat sinar inframerah dari suatu perangkat yang memancarkan sinar tersebut. Cukup dengan cara mengarahkan kamera smartphone kalian ke alat yang memancarkan sinar inframerah seperti remote tv dan kalian akan melihat sinar berwarna ungu yang merupakan sinar inframerah (sensor pada smartphone menginterpretasikan sinar inframerah ke warna ungu).

3. Memotret Dengan Tombol Volume

Belum diketahui apa alasan para produsen smartphone android tidak menyertakan tombol kamera fisik, apakah karena menambah biaya produksi atau yang lainnya. Namun Jika smartphone android kalian tidak memiliki tombol fisik atau tombol manual kalian bisa mengatasinya dengan cara membuat tombol kamera android melalui sebuah aplikasi yang bisa diunduh secara gratis di google play. Aplikasi gratis tersebut berfungsi untuk menjadikan tombol volume sebagai tombol kamera.

Sehingga dapat memberikan kemudahan dalam memotret foto, ini akan sangat terasa manfaatnya ketika memotret diri sendiri, karena tidak perlu kerepotan dalam menekan tombol virtual tanpa melihat. Tinggal pencet tombol volume, wajah kamu akan tersimpan di memori handphone.

Aplikasi ini adalah VolShutter Camera. Aplikasi VolShutter Camera akan tampil berupa aplikasi pengambil foto yang juga dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan yang menarik, seperti penambahan efek, editor dan lain-lain. Perlu di ketahui bahwa aplikasi ini tidak akan mengganggu fungsi tombol volume sebenarnya, tombol volume tetap bisa digunakan untuk mengecilkan dan membesarkan suara ketika tidak digunakan untuk memotret dengan aplikasi VolShutter Camera.

Ketika kita sudah dapat menggunakan aplikasi tersebut sehingga kita dapat memotret dengan menggunakan tombol volume dapat dipastikan kemungkinan gambarnya blur akan lebih sedikit. Karena tingkat goyangan atau pergerakan pada lengan akan lebih sedikit. Sehingga gambarnyapun tidak akan terlihat goyang.

4. Scan Barcode, QR code dan Film Negatif

Kalian juga bisa menggunakan kamera smartphone untuk melakukan scan barcode atau QR code. Hal ini tentu saja bermanfaat ketika kalian hendak menambahkan teman di berbagai aplikasi media sosial dan mencari tahu informasi tertentu dari suatu produk.

Selain untuk scan barcode atau QR code kalian juga bisa menggunakan kamera smartphone untuk melakukan scan pada film negatif untuk dijadikan file digital. Cukup sinari film negatif yang ingin kalian scan dengan cahaya terang kemudian arahkan kamera smartphone kalian ke film negatif tersebut, potret dan gunakan efek negatif pada smartphone kalian untuk menetralisir efek negatif pada film tadi.

5. Menerjemahkan Teks

Untuk kalian yang buta soal bahasa Inggris, kalian bisa menggunakan kamera smartphone kalian untuk menerjemahkan berbagai teks yang terdapat pada berbagai objek di dunia nyata dan juga gambar yang kalian lihat hanya dengan mengarahkan kamera smartphone kalian ke teks yang ingin kalian terjemahkan. Tentu saja kalian harus menginstall aplikasi Google Translate terlebih dahulu.

Tekan tombol dengan ikon kamera di bawah form pengisian, dan kamera smartphone kamu pun akan aktif. Lalu arahkan kamera smartphone kamu ke tulisan apapun yang ingin kamu terjemahkan. Google Translate akan secara otomatis men-scan tulisan yang tersedia dan mampu ia terjemahkan. Selanjutnya highlight tulisan yang kamu inginkan tersebut dan Google akan secara otomatis menunjukkan artinya pada bagian atas aplikasi.

Itulah tadi 5 trik keren dengan kamera smartphone yang sering diabaikan padahal trik-trik tersebut cukup keren dan sangat bermanfaat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba trik-trik di atas dengan kamera smartphone kesayangan kalian.