“Apa saja sih langkah-langkah dalam mendaftar beasiswa Turkiye Burslari atau beasiswa YTB?”. Ya, pertanyaan semacam ini memang banyak sekali ditanyakan oleh calon awardee. Terutama kamu yang memiliki mimpi untuk melanjutkan pendidikan di negara Turki melalui beasiswa YTB ini.

Bukan hanya kamu saja. Saya pun juga memiliki mimpi dapat melanjutkan pendidikan di negara Turki melalui beasiswa YTB. Namun, apa mungkin mimpi itu bisa terwujud. Jika hanya duduk manis di depan televisi sambil stalkingin mantan atau diam saja dan menunggu orang lain memberi informasi kepada kita.

Tidak akan dan tidak akan mungkin semua itu terjadi. Semua yang kita inginkan pasti butuh pengorbanan & usaha. Pengorbanan waktu dan biaya. Sedangkan waktu  yang dibutuhkan untuk mempersiapkan berkas dan dokumen lainnya bukan hanya sehari dua hari tapi bisa berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Untuk itu, kamu yang lagi duduk di Sekolah Menengah Atas (SMA) atau kuliah di semester akhir kamu bisa mempersiapkan mulai dari sekarang. Seperti mulai stalkingin akun instagram beasiswa Turkiye Burslari. Atau mulai  mencari-cari  info soal beasiswa ini.

Tentunya sebelum apply, kamu pasti akan mencari tahu tentang beasiswa yang akan kamu tuju nanti. Seperti nama beasiswa, jenis beasiswa, negara yang akan kamu pilih, benefit yang akan didapat, syarat-syarat beasiswa dan tak lupa langkah-langkah dalam mendaftarnya.

Mungkin artikel ini bisa sedikit membantu kamu dalam persiapan mendaftar beasiswa Turkiye Burslari. Tapi untuk kamu yang masih asing tentang beasiswa Turkiye Burslari ini, kamu bisa membaca artikel yang kutulis sebelumnya yaitu”Beasiswa Luar Negeri Tanpa Syarat TOEFL”.

Di artikel sebelumnya membahas mengenai apa itu beasiswa Turkiye Burslari, kriteria pendaftar beasiswa Turkiye Burslari serta dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan. Dan untuk artikel kali ini saya akan membahas mengenai langkah-langkah dalam mendaftar beasiswa Turkiye Burslari atau beasiswa YTB.

Jiika dilihat dari tahun sebelumnya, beasiswa ini biasanya membuka pendaftaran sekitar di bulan Januari atau awal tahun. Pada tahun 2022, Turkiye Burslari Scholarship membuka pendaftaran pada tanggal 10 Januari sampai 20 Februari 2022. Hal ini tidak jauh berbeda dari tahu –tahun sebelumnya.

Dan biasanya pendaftaran diumumkan melalui website resmi beasiswa Turkiye Burslari. Selain itu juga melalui akun resmi instagram dan facebook beasiswa Turkiye Burslari yaitu @turkiyeburslari. Itu tadi sekilas jadwal pembukaan beasiswa Turkiye Burslari.

Lalu bagaimana langkah-langkah untuk mendaftar beasiswa Turkiye Burslari ini? OK, langsung saja yuk! Berikut ini lima langkah yang harus kamu lakukan dalam mendaftar beasiswa Turkiye Burslari yang biasa dikenal dengan beasiswa YTB.

  • Buatlah akun pribadi kamu dilaman aplikasi beasiswa turki. Pada langkah pertama ini, kamu diwajibkan harus mempunyai akun terlebih dahulu. Untuk membuat akun pribadi dapat kamu lakukan melalui website resmi dari beasiswa Turkiye Burslari yaitu www.turkiyeburslari.gov.tr/.

  • Kedua unggah semua dokumen-dokumen yang diperlukan. Mulai dari data pribadi seperti foto kamu, KTP/paspor, ijazah & transkrip nilai atau SKL serta sertifikat-sertifikat pendukung (sertifikat TOEFL & IELTS, lomba kepanitian, volunteer, kursus, seminar ataupun pelatihan).
  • Kamu akan mengisi data pribadi dan data orang tua. Seperti nama lengkap, alamat, nama sekolah atau Universitas, jurusan, nilai, hobi, pengalaman magang, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, ekstrakurikuler. Dan untuk data orang tua seperti nama orang tua, pekerjaan dan jumlah penghasilan.

  • Pilih Universitas dan jurusan yang kamu inginkan. Setelah kamu mengisi semua data pribadi dan data orang tua, kamu akan diarahkan untuk menentukan Universitas yang sesuai dengan jurusan kamu. Apakah kamu akan menggunakan bahasa pengantar Turki atau bahasa Inggris.
  • Sebelum menentukan Universitas yang akan kamu pilih, sebaiknya kamu melakukan rating terlebih dahulu. Dan untuk mengetahui urutan Universitas terbaik di Turki dapat kamu cek melalui lembaga pemeringkat Webometrics.

  • Langkah keempat yaitu menulis letter of intent (LOI) pada bagian ini kamu akan menjelaskan harapan dan rencana kamu di masa depan. Dan tujuan kamu dalam melanjutkan pendidikan. Sebagai contoh kami melanjutkan pendidikan S2 karena ingin menjadi seorang pendidik yaitu dosen.
  • Tidak hanya itu pertanyaan-pertanyaan lain seperti setelah kamu lulus nanti, apa yang akan kamu berikan untuk negaramu dan benefit apa yang akan kamu berikan juga untuk negara Turki. Pertanyaan-pertanyaan ini harus sudah kamu persiapkan, biasanya akan ditanyakan saat wawancara.

  • Cek kembali dokumen-dokumen yang telah kamu unggah pada setiap kolom pendaftaran. Setelah semua selesai dan kamu yakin akan dokumenmu. Lalu kamu bisa submit aplikasi dan jangan lupa berdoa.

Mungkin itu saja yang bisa kubagikan di artikel kali ini. Pesanku untuk kamu yang akan mendaftar di tahun berikutnya jangan patah semangat. Ingat janji Allah bahwa bersama kesulitan pasti ada kemudahan. Good luck!!