Siapa tak kenal Charles Darwin? Lewat gagasannya berupa “teori evolusi”, sang naturalis dan ahli geologi asal Inggris itu mampu berkontribusi besar bagi perkembangan dunia sains, sampai hari ini. Bisa disebut, Darwin-lah yang berhasil mendobrak pemahaman kolot kaum agamawan tentang penciptaan manusia.

Di bawah ini merupakan 11 artikel terbaik terkait Darwin dan teori evolusinya. Ditulis oleh beragam kalangan, dari peneliti hingga mahasiswa/pelajar. Memuat sejumlah narasi yang bisa jadi pedoman bagi siapa saja untuk mempelari lebih lanjut teori evolusi.

Artikel pertama dan kedua dipersembahkan oleh Fadhel Yafie dengan judul Spiritualitas Darwinisme serta Darwin dan Psikologi. Ia menjelaskan Darwinisme sebagai sebuah paham yang punya nilai positif atau spritualitas yang sangat tinggi. Memberi kesimpulan bahwa semua makhluk (manusia, hewan, tumbuhan) adalah saudara.

Yang ketiga datang dari Keke Apsari, Membaca Hidup dari Balik Kacamata Darwin-Wallace. Ia mengetengahkan satu ilustrasi bagaimana alam dalam pandangan Darwin-Wallace merupakan guru sebaik-baiknya guru. Bahwa semua makhluk sama-sama setara sebagai murid—manusia, paling banter, hanya mampu menjadi ketua kelas dalam kelompoknya sendiri.

Adapun ulasan lebih mendalam terkait teori evolusi ditulis berangkai oleh Luthfi Assyaukanie: Pentingnya Memahami Teori Evolusi, Evolusi Manusia dan Seleksi Alam, serta Missing Link: Apanya yang Missing?. Tiga ulasan ini merupakan Seri Kajian Ramadan, semacam tadarus sambil menunggu buka puasa.

Artikel selanjutnya dieksplorasi oleh Iffat Aulia Ahmad Argawinata berjudul Evolusi sebagai Mekanisme Penciptaan. Ia mencoba menjawab polemik teori evolusi Darwin dari aspek kitab suci (Alquran dan Perjanjian Lama).

Berikutnya adalah It’s Just a Theory, Teori dan Bukti Evolusi, serta Pohon Kehidupan: Sarana Pembelajaran Evolusi. Masing-masing diulas oleh Novyanto Arasma, Febry Indra Gunawan Sitorus, dan Bude Mita.

Dan yang terakhir oleh Januardi, Bagaimana Sebaiknya Meralat Pertanyaan ‘Apakah Manusia Berasal dari Kera?’. Ini merupakan tanggapan atas artikel-artikel tentang Charles Darwin dan teori evolusi sebelumnya.