Ketik untuk memulai pencarian

Wediombo, Sebuah Karya Tuhan yang Menakjubkan

Wediombo, Sebuah Karya Tuhan yang Menakjubkan

Sekawan - Wediombo Beach || Pantai Wediombo Yogyakarta, Youtube.com

Indonesia adalah negara kepulauan dengan sebagian besar wilayahnya berupa perairan. Menurut data, Indonesia memiliki garis pantai sepanjang 54.716 km, hanya kalah dari Kanada di dunia ini.[1] Dengan panjang garis pantai terpanjang kedua sedunia, maka Indonesia memiliki banyak pantai yang bisa dikembangkan untuk sektor pariwisata.

Salah satu pantai di Indonesia yang memiliki potensi keindahan alam menakjubkan adalah Pantai Wediombo. Pantai Wediombo berada di Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bagi masyarakat DIY, mungkin lebih dari 50% sudah mengetahui potensi keindahan Pantai Wediombo. Hal tersebut wajar dikarenakan banyak  foto-foto Pantai Wediombo yang tersebar di media sosial.

Masyarakat yang berdomisili di wilayah DIY bisa datang langsung ke pantai untuk membuktikan kebenaran foto-foto tersebut tanpa harus takut kehilangan biaya banyak karena letak geografis pantai yang tidak terlalu jauh.

Namun bagi masyarakat skala nasional, mungkin belum ada 50% yang mengetahui potensi keindahan Pantai Wediombo. Kenyataan tersebut bisa terjadi salah satunya karena publikasi yang masih kurang detail dari pihak pengelola Pantai Wediombo.

Selama ini publikasi dilakukan melalui internet atau media sosial dengan mengunggah foto-foto pantai dan hanya disertai sedikit informasi tentang pantai tersebut. Padahal, informasi detail tentang potensi pantai sangat diperlukan untuk lebih menarik wisatawan dari luar daerah agar berkunjung ke Pantai Wediombo.

Oleh karena itu, penulis mencoba mempublikasikan informasi yang lebih detail tentang Pantai Wediombo agar semakin banyak masyarakat di luar Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang mengetahui dan tertarik mengunjungi Pantai Wediombo.

Asal Usul Nama Wediombo

Asal kata Wediombo dari bahasa jawa, Wedi dan Ombo.  Wedi berarti pasir dan Ombo berarti luas.  Kedua kata tersebut disatukan maka menjadi pantai yang pasirnya luas. Hal tersebut memang benar, pasir putih yang membentuk teluk dan membentang dari ujung selatan ke utara dan menghadap ke barat yang sangat luas.

Warga setempat memang mengatakan bahwa nama pantai ini yang diberikan oleh nenek moyang tak sesuai dengan keadaannya.  Ada pula yang mengatakan Teluk Ombo, karena keadaan pantainya memang  menyerupai teluk yang lebar. Lebih lagi terdapat batu karang yang mengapitnya, air lautnya pun menjorok ke daratan.[2]

Spesifikasi Pantai Wediombo

Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Koordinat lokasi - GPS: S8°11'4" E110°42'28".

Perlu sekitar 3 jam perjalanan darat untuk sampai ke Pantai Wediombo dari Kota Yogyakarta. Adapun rute perjalanan darat yang dapat ditempuh dari Yogyakarta menuju Pantai Wediombo yaitu Jogja – Jl. Wonosari - Piyungan - Patuk - Sambipitu - Siyono - Wonosari - Mulo – Tepus – Jepitu – Pantai Wediombo.

Akses jalan dari Yogyakarta sampai ke Pantai Wediombo semuanya berupa jalan aspal dilengkapi penunjuk jalan yang sangat jelas. Untuk memasuki kawasan Pantai Wediombo maka akan dikenakan retribusi Rp 5.000,- per orang dan biaya parkir motor Rp 2.000,- serta mobil Rp 5.000,-. Biaya parkir tersebut bisa naik dua kali lipat jika pengunjung menginap di kawasan Pantai Wediombo.

Pantai Wediombo menyajikan panorama alam yang menakjubkan. Wisatawan bisa berfoto-foto dengan background laut lepas ataupun pasir putih Wediombo yang berkilau ketika terkena terik matahari.

Wisatawan juga bisa berenang, menangkap ikan, atau snorkeling di Pantai Wediombo karena topografi bibir pantai yang landai. Jika pantai sedang surut, maka di bibir pantai akan terbentuk seperti laguna-laguna dari karang yang berlubang.

Laguna tersebut bisa untuk berenang ataupun dijadikan spot foto yang sangat bagus. Di tepi pantai juga terdapat pohon-pohon besar untuk tempat istirahat yang teduh ketika lelah bermain air.

Panorama Pantai Wediombo
(Sumber : catatandanisetiawan)

Adapun  faktor-faktor yang terdapat di kawasan Pantai Wediombo sehingga menjadikannya recommended sebagai daerah tujuan wisata antara lain sebagai berikut :

a. Aksesibilitas

Merupakan akses jalan yang bisa dilalui wisatawan untuk sampai ke Pantai Wediombo. Secara keseluruhan akses jalan dari Yogyakarta menuju Pantai Wediombo berupa jalan aspal yang layak sehingga memudahkan wisatawan untuk berkunjung.

Di tepi jalan juga terdapat penunjuk arah yang sangat jelas untuk lebih memudahkan lagi dalam perjalanan menuju Pantai Wediombo. Jenis kendaraan dari sepeda motor hingga bus pariwisata bisa melalui jalan tersebut hingga ke parkiran Pantai Wediombo.

Topografi akses jalan menuju Pantai Wediombo naik turun dan juga berkelok-kelok.

b. Aktivitas

Merupakan kegiatan yang dapat dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Pantai Wediombo. Kegiatan yang dapat dilakukan wisatawan saat mengunjungi Pantai Wediombo diantaranya, berenang, mencari ikan, foto-foto dengan background keindahan pantai yang menakjubkan, snorkeling, memancing, camping, surfing dan bersantai menikmati sunrise atau sunset.


Follow Qureta Now!

Pantai Wediombo menyajikan wahana alam menakjubkan yang bisa digunakan untuk berbagai macam aktivitas wisatawan dalam liburannya.

 Instagram @wediombosurflesson.
(Sumber : Instagram @wediombosurflesson)

c. Aktraksi

Merupakan sesuatu yang dapat dilihat dan dinikmati oleh wisatawan saat sedang mengunjungi  Pantai Wediombo. Sesuatu yang dapat dilihat dan dinikmati wisatawan saat berkunjung ke Pantai Wediombo di antaranya panorama alam pantai yang menakjubkan dan upacara adat “Ngalangi” yang dilaksanakan masyarakat setempat setiap bulan April.

Upacara ini bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen dan kesalamatan yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada masyarakat setempat.

Banyak wisatawan yang sengaja berwisata ke Pantai Wediombo pada saat upacara adat Ngalangi berlangsung karena tertarik untuk menyaksikannya. Sebuah kearifan lokal yang masih dipertahankan dan dipadukan dengan panorama pantai yang menakjubkan membuat kebahagiaan bagi setiap orang yang menyaksikannya.

 d. Amenitas

Merupakan fasilitas pendukung kenyamanan wisatawan pada saat berwisata di Pantai Wediombo. Ketersediaan fasilitas pendukung kenyamanan berwisata merupakan hal yang harus diperhatikan agar wisatawan betah ketika berkunjung ke Pantai Wediombo dan suatu saat mau kembali lagi.

Adapun fasilitas-fasilitas yang terdapat di Pantai Wediombo di antaranya sebagai berikut :

1. Tempat parkir yang representatif

Kondisi tempat parkir di Pantai Wediombo sudah beraspal jadi pengunjung tidak perlu takut kendaraannya akan berdebu atau kotor ketika diparkirkan. Tempat parkir Pantai Wediombo tidak terlalu luas, daya tampungnya kurang lebih 120 motor ditambah 30 mobil.

2. Joglo Wediombo Cottage & Resto

Merupakan tempat makan sekaligus bisa menjadi tempat menginap bagi para wisatawan Pantai Wediombo. Arsitektur bangunannya berupa bangunan joglo yang semakin menarik hati pengunjung.

3. Warung makan

Di kawasan tepi Pantai Wediombo terdapat beberapa warung makan bagi para pengunjung yang mungkin merasa lapar saat berwisata namun tidak membawa bekal makanan. Harga makanannya pun terjangkau bagi semua kalangan.

4. Mushola

Merupakan tempat sholat bagi umat Islam yang sedang berwisata di Pantai Wediombo. Mushola di Pantai Wediombo ini tidak terlalu luas, jadi ketika melaksanakan sholat perlu bergiliran.

5. Pendhopo

Merupakan bangunan dari kayu di tepi pantai yang bisa digunakan wisatawan untuk bersantai menikmati keindahan alam Pantai Wediombo.

6. Toilet

Merupakan tempat mandi, buang air kecil atau besar, wudhu bagi para wisatawan. Jumlah toilet di Pantai Wediombo sangat banyak dan kondisinya bersih. Jika buang air kecil maka dikenakan biaya Rp 2.000,- sedangkan buang air besar atau mandi Rp 5.000,-.

7. Tempat menyewa peralatan snorkeling dan surfing

Di kawasan Pantai Wediombo juga ada tempat menyewa peralatan sekaligus meminta instruktur bagi para wisatawan yang ingin snorkeling atau surfing. Surfing dikenakan biaya Rp 100.000,- (surf board, instruktur, foto). Sedangkan snorkeling dikenakan biaya Rp 30.000,- (lokasi di area pantai) dan Rp 80.000 (lokasi agak ke tengah laut dan harus naik kapal. Minimal peserta 6 orang).

Pantai Wediombo adalah pantai yang bisa digunakan wisatawan melakukan berbagai macam aktivitas rekreasi di air untuk melepas penat. Semua itu ditambah dengan background panorama alam pantai menakjubkan yang akan meningkatkan mood para wisatawan.

Semua aktivitas wisatawan ditunjang dengan fasilitas kenyamanan yang sangat representatif seperti tempat parkir beraspal, restoran, penginapan, pedangang makanan, mushola, pendhopo, serta tempat menyewa peralatan surfing dan snorkling. Rasanya rugi jika berwisata ke Yogyakarta tanpa mengunjungi Pantai Wediombo.

#BerbagiCeritaTentangKulinerdanPesonaWisata

Catatan:

[1] Top Ten Countries with Longest Coastlines

Diakses pada 23 Desember 2016

[2] Kawasan Konservasi Perairan Suaka Alam Perairan Wediombo

Diakses 23 Desember 2016

Dimas Ilham Nur Wicaksana

Kerjakeras karena Allah.

Comments

Arfin Loudry's picture
Dimas Ilham Nur Wicaksana's picture
Sri Hidayati's picture
Dimas Ilham Nur Wicaksana's picture
Dea Nur Afafa's picture
Dimas Ilham Nur Wicaksana's picture
Jaelani Karman's picture
Khusni Aldiyah's picture
Andriawan Syahbanda's picture
Untuk merespon artikel ini, Anda harus login atau register terlebih dahulu

© Qureta.com 2016