Foto Saat Liburan Tahun 2014
Wisata · 3 menit baca

Sungai Oyo yang Ciamik

Awal tahun baru 2014 kami berempat sangat menikmati liburan bersama tahun baru. Yogyakarta selalu menjadi pilihan realistis bagi kalangan mahasiswa sebagai tempat berlibur, karena murah, dekat dari Bandung dan memiliki banyak tujuan wisata.

Rencana kami saat itu tergolong mendadak, dengan persiapan dan keuangan pas-pasan saya bersama teman-teman berangkat pada malam hari.

Memulai perjalanan liburan di Yogyakarta pada pagi hari sangat memicu semangat untuk jalan-jalan. Bagaimana tidak, ketika masih Shubuh kami tiba di Yogyakarta aktivitas warga memberikan semangat luar biasa. Rasa lelah kami seakan hilang. Liburan kali ini harus punya cerita baru.

Kami tidak ingin punya cerita Candi Borobudur dan Candi Prambanan lagi. Kami tidak ingin membagi pengalaman menyantap Gudeg Yogya dan Bakpia lagi. Kami ingin pengalaman baru. Masih banyak hal unik tentang Yogyakarta dari wisata alam dan kulinernya.

Banyak hal luar biasa dari Yogyakarta, kami mengagumi berbagai macam wisata yang dimiliki Yogyakarta. Setelah menyimpan barang bawaan di penginapan, di hari pertama kami langsung jalan-jalan di sekitaran tempat penginapan, kawasan Malioboro. Kami berempat pergi mencari sarapan di kawasan Malioboro.

Setelah sarapan, kami menghubungi agen penyewaan motor untuk mobilitas kami selama di Yogya. Ketidakberuntungan sudah menghampiri kami karena melanggar peraturan lalu lintas. Alhasil kami harus membayar denda tilang melalui Bank BRI. Kami semua tertawa, belum saja menikmati liburan, sudah diawali kesialan.

Di hari kedua kami di Yogya, akhirnya menemukan sesuatu yang baru dari liburan kami. Goa pindul Yogya dan sungai oyo menjadi pengalaman unik kami di awal tahun 2014. Kami tiba di lokasi pada siang hari sekitar pukul 11.00 WIB, setelah perjalanan yang cukup lama dari penginapan kami di daerah Malioboro.

Rasa lelah kami hilang, tujuan kami yang sudah di rencanakan jauh-jauh hari terlaksana. Di lokasi wisata ini, kami mendapatkan paket tujuan wisata. Goa pindul, goa gelatik, dan sungai oyo menjadi paket yang kami nikmati selama disana.

Khusus goa pindul, wisata goa pindul mengajarkan kami bagaimana nikmat Allah memberi kami panca-indera mata untuk melihat. Tour guide kami menganjurkan untuk mematikan Head lamp setelah kami jalan-jalan di dalam goa pindul, sebagai refleksi mengucap syukur kepada Tuhan atas pemberian mata untuk melihat sebagai manusia.

Liburan yang benar-benar berbeda dari liburan sebelumnya, wisata alam yang selama ini menjadi syukur atas ciptaan-Nya karena keindahan alam. Tetapi, goa pindul telah mengajarkan kami untuk mengucap syukur karena kegelapan nya, dengan gelap kami tahu sangat berharganya mata bagi kami.

Selepas kami menyelesaikan kunjungan wisata ke goa pindul dan goa gelatik, tour guide mengantar kami untuk segera menikmati wisata sungai oyo yang menjadi pelengkap wisata ini. Saya sangat- Excited, penuh keyakinan akan mendapatkan sesuatu yang baru.

Sungai oyo merupakan wisata alam yang baru kami coba di Yogyakarta. Air nya yang jernih, aliran sungai dari hulu ke hilir memiliki makna tersendiri. Sungai oyo memiliki bebatuan untuk meloncat dan melewati goa, sangat menyenangkan.

Bersama tour guide kami diatur untuk beriringan dengan menggunakan ban, selama menyusuri sungai, kami dijelaskan berbagai seluk-beluk sungai ini. Kami diberi informasi mengenai kedalaman sungai, asal-usul sungai ini, mengenai goa yang di lintasi oleh sungai oyo.

Saya benar-benar menikmati nya, kami mengambil foto sebanyak mungkin selama menyusuri sungai. Ketika aliran sungai oyo ini menarik kami ke bagian goa, disini kami sangat menikmati. Meloncat dari bebatuan, bermain game bola air menjadi bagian paling menyenangkan dari sungai oyo.

Air nya yang segar, merasa tidak ingin segera selesai untuk bermain. Ban yang melindungi kami, membuat kami tidak khawatir walaupun sungai oyo sangat tinggi kedalaman nya. Terima kasih sungai oyo. Sungai oyo memberikan solusi bagi kebutuhan batin kami.

Kami tidak akan melupakan tempat ini, kenangan yang berbekas di hati. Sungai oyo harus terus di jaga, di lestarikan dan di cintai oleh semua manusia Indonesia. Banyak pengalaman baru yang kami dapat, excellent service.

Ketika tubuh sudah lelah, tubuh yang masih basah sulit rasanya untuk pulang. Kami masih ingin bermain air, saya ingin kembali terjun dari ketinggian menyelami kesejukan air nya. Dan setelah selesai, entah sudah berapa potong gorengan yang kami makan di saat lelah dan kelaparan ini.

Saya rasa Pemerintah setempat sudah seharusnya memiliki rencana jangka panjang. Memperbaiki infrastruktur jalan yang rusak dan menyediakan transportasi publik sudah harus di lakukan menuju kawasan sungai oyo.

Saya yakin banyak wisatawan lokal maupun asing telah mengagumi ke-elokan sungai oyo dan goa pindul ini. Dengan adanya manfaat suistanability ekonomi bagi masyarakat lokal, potensi keindahan alam beriringan dengan kemaslahatan masyarakat.

Industri pariwisata, memiliki potensi besar bagi kemandirian bangsa Indonesia. Sesuai yang di cita-citakan Founding Fathers kita, bahwa kekayaan alam harus dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat, bukan?