luthfi-icrc.jpg
Luthfi Assyaukanie menyampaikan sambutannya (Foto: ICRC)
Info · 1 menit baca

Peluncuran Lomba Esai Kemanusiaan ICRC-Qureta

Bertempat di hotel Ambhara, Jakarta, International Committee of the Red Cross (ICRC) dan Qureta mengadakan peluncuran lomba esai “Kisah-Kisah Kemanusiaan di Sekitar Kita” pada Kamis, 23 Juni 2016 lalu. Acara yang diselenggarakan menjelang buka puasa ini dihadiri oleh sejumlah tokoh, aktivis dan mahasiswa di sekitar Jakarta.

Luc Haas, Wakil Kepala Delegasi ICRC untuk Indonesia dan Timor-Leste, menyampaikan kata sambutan dan memaparkan visi dan misi dari ICRC sekaligus juga pengalamannya terlibat dalam isu-isu kemanusiaan selama ini. Menurutnya, apa yang dilakukan ICRC merupakan bagian dari kerja-kerja kemanusiaan global.

Mewakili Qureta, Luthfi Assyaukanie menjelaskan kegiatan lomba yang diadakan secara kerjasama antara ICRC dan Qureta. Luthfi menjelaskan perkembangan Qureta dan upaya untuk menumbuhkan tradisi kepenulisan di Indonesia dengan berbagai cara, termasuk lewat kegiatan lomba esai.

"Dengan adanya insentif dari kegiatan lomba esai, kita berharap akan semakin banyak orang yang tertarik untuk menulis dan menerbitkan karya mereka," jelas pendiri Qureta itu. Luthfi menutup sambutannya dengan mengumumkan kegiatan lomba secara resmi.

Kegiatan lomba esai sendiri telah dimulai sejak 25 Mei lalu. Sejak dibuka, sudah 80 naskah lebih yang diterima oleh panitia. Kegiatan ini akan berlangsung hingga akhir September.

Selain sambutan dari ICRC dan Qureta, acara peluncuran itu menghadirkan Dr. Ayang Utriza, dosen Studi Islam di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta. Ayang berbicara tentang isu-isu kontemporer, khususnya tentang perang dan konflik dalam Islam.