Ketik untuk memulai pencarian

Keindahan Alam Kota Sibolga

Keindahan Alam Kota Sibolga

https://www.google.co.id

Kota Sibolga terletak di antara hamparan bukit barisan, sehingga terdapat berbagai gunung dan perbukitan berkombinasi dengan pantai. Tor Simarbarimbing, puncak Gunung Santeong, dan pemancar TVRI adalah beberapa perbukitan yang sudah mulai dikelola oleh pihak pemerintah Kota Sibolga.

Dari atas perbukitan ini akan terlihat keindahan Teluk Tapian Nauli dengan kota kecil Sibolga, baik siang maupun malam. Di perbukitan ini juga dibangun gajebo ( sejenis pondok ) dari beton yang gunanya sebagai tempat peristirahatan jika para pengunjung lelah.

Tangga Seratus dan Goa Tangga Seratus

Kota Sibolga memiliki banyak tempat bersejarah dan gambaran dari masa lampau yang penuh dengan perjuangan. Banyak peninggalan bersejarah berdiri di sana.

Kota Sibolaga bisa menjadi objek wisata bersejarah dan juga bisa dikembangkan menjadi tempat pariwisata yang dapat diandalkan dari sejumlah peninggalan masa lalu. Yang paling menonjol adalah peninggalan sejarah dari masa penjajahan Belanda. Objek ini dikenal dengan nama Tangga Seratus, walau kenyataannya jumlah tangga yang ada sebanyak 293 anak tangga.

Puncak Pemancar TVRI

Bukit ini merupakan bukit di mana perusahaan Televisi Indonesia ( TVRI ) membangun menaranya. Pemandangan Kota Sibolga dan pantainya amatlah indah dari bukit ini, terutama pada malam hari.

Tor Simarbarimbing

Follow Qureta Now!

Bagi pecinta wisata pegunungan terutama aktivitas hiking, Tor Simarbarimbing bisa menjadi salah satu tujuan menarik. Pada puncak gunung ini, kita bisa menikmati indahnya pemandangan Teluk Tapian Nauli. Sambil menghirup udara segar, kita dapat beristirahat di gajebo-gajebo (sejenis pondok) yang tersedia di puncak bukit ini

Kota Sibolga sangat potensial, karena di samping keindahan alam pegunungan, juga terdapat pantai-pantai maupun pulau-pulau yang ada di Teluk Tapian Nauli dan perbukitan yang seolah-olah melindungi kota ini.

Pulau-pulau yang menarik yang berada di perairan teluk ini, memiliki taman laut eksotis. Sehingga Kota Sibolga sangat potensial dikembangkan sebagai objek wisata.

Pulau Poncan Gadang

Pulau Poncan Gadang terkenal dengan keindahan pantainya, kejernihan airnya, pasir putih, dan dikelilingi oleh taman laut yang indah. Selain itu, terdapat beragam jenis ikan hias dan terumbu karang yan sangat cocok bagi pecinta memancing, diving, dan snorkling.

Di sekeliling pulau ini juga tumbuh pohon yang menambah kesejukan. Selain itu, di pulau ini tersedia fasilitas berupa hotel berbintang, lengkap dengan berbagai fasilitas penunjang lainnya.

Pulau Pasir Putih

Pulau Pasir Putih merupakan pulau kecil dengan luas sekitar 2,5 hektar. Pulau ini menawarkan pesona kesejukan; pantainya berpasir putih, lautnya biru, banyak pepohonan, dan perbukitan berhutan perawan. Pulau Pasir Putih dulunya dikenal dengan nama Pulau Puteri.

Pulau Mursala dan Air Terjun Pulau Mursala

Pulau Mursala terletak pada 01 derajad 38 menit dan 6,09 detik lintang utara (LU) dan 98 derajad 35 menit dan 7,22 detik bujur timur (BT). Letak Pulau Mursala yang hanya memakan waktu perjalanan selama 2 jam dengan perahu, bisa mengantar Anda dari dermaga yang ada di pesisir Sibolga.

Beberapa ratus meter menuju pesisir pantai Mursala, kita dapat melihat pemandangan bawah laut yang cukup mempesona. Tempat lain yang wajib dikunjungi jika kita sempat ke Pulau Mursala adalah keajaiban air terjun yang berada di pinggir Pulau Mursala.

Bagi kita yang memiliki waktu luang, bisa saja menyusuri dari mana air terjun yang langsung jatuh ke samudera lepas itu bermula. Untuk Anda yang hanya ingin merekam keindahan air terjun itu, Anda bisa menyaksikannya dengan menyewa kapal yang banyak tersedia di sana.

Alfredo Juliansa Sitohang

Saya adalah seorang mahasiswa. Saya menuntut ilmu di Institut Pertanian Bogor, pada Program Keahlian Teknik Komputer. Hobi saya adalah menulis.

Comments

Untuk merespon artikel ini, Anda harus login atau register terlebih dahulu

© Qureta.com 2016