36969.jpg
http://kabarkampus.com/wp-content/uploads/2013/03/22032013-buku-atau-gadget.jpg
Saintek · 2 menit baca

Eksistensi Kertas dalam Kehidupan Manusia

Kertas? siapa yang tidak tau kertas? benda atau alat yang hampir tiap hari kita temui ini. Benda yang benar-benar simpel tapi ternyata dibutuhkan segala bidang kehidupan bahkan penjual gorengan pun butuh kertas. Mungkin sebagian dari kita hanya mengetahui kertas seputar alat yang juga menjadi pendorong pendidikan dalam putaran buku, banyak yang tak mengetahui bagaimana sejarah peradaban kertas dan eksistensinya hingga saat ini.

Kertas pertama kali ditemukan oleh Tsai-Lun dari bahan bambu yang mudah didapat di seantero China pada tahun 101 Masehi. Penemuan ini akhirnya menyebar ke Jepang dan Korea seiring menyebarnya bangsa-bangsa China ke timur dan berkembangnya peradaban di kawasan itu meskipun pada awalnya cara pembuatan kertas merupakan hal yang sangat rahasia.Pada akhirnya, teknik pembuatan kertas tersebut jatuh ketangan orang-orang Arab pada masa Abbasiyah terutama setelah kalahnya Dinasti Tang dalam Pertempuran Talas pada tahun 751 Masehi dimana para tawanan perang mengajarkan cara pembuatan kertas kepada orang-orang Arab.

Sehingga pada zaman Abbasiyah, muncullah pusat-pusat industri kertas baik di Bagdad maupun Samarkand dan kota-kota industri lainnya, kemudian menyebar ke Italia dan India, lalu Eropa khususnya setelah Perang Salib dan jatuhnya Grenada dari bangsa Moor ke tangan orang-orang Spanyol serta ke seluruh dunia.

Pada tahun 1799, seorang Prancis bernama Nicholas Louis Robert menemukan proses untuk membuat lembaran-lembaran kertas dalam satu wire screen yang bergerak, dengan melalui perbaikan-perbaikan alat ini kini dikenal sebagai mesin Fourdrinier. 

Penemuan mesin silinder oleh John Dickinson di tahun 1809 telah menyebabkan meningkatnya penggunaan mesin Fourdrinier dalam pembuatan kertas-kertas tipis. Tahun 1826, steam cylinder untuk pertama kalinya digunakan dalam pengeringan dan pada tahun 1927 Amerika Serikat mulai menggunakan mesin Fourdrinier.Peningkatan produksi oleh mesin Fourdrinier dan mesin silinder telah menyebabkan meningkatnya kebutuhan bahan baku kain bekas yang makin lama makin berkurang.

Seirig perkembangan zaman Kertas masih juga eksis hingga menjadi media yang mendasari kebutuhan manusia baik untuk pendidikan maupun edukasi. Kertas digunakan digunakan disegala lini kehidupan baik masyarakat kelas menengah atas mau pun masyarakat menengah ke bawah. Kertas melalui berbagai macam perkembangan zaman hingga menjurus ke masa dimana media cetak telah hadir. 

Kertas telah diolah menjadi berbagai macam kebutuhan manusia mulai dari buku hingga kerajinan yang materialnya berasal dari kertas. Memasuki era-modern sekarang ini dimana segala kebutuhan manusia dibandrongi dengan teknologi modern kertas masih juga eksis dan tak mati. Kertas juga masih menjadi kebutuhan. Kebutuhan akan kertas dalam lingkup pendidikan akan terus hadir contohnya kebutuhan akan buku tulis maupun buku  pelajaran.

Teknologi yang semakin maju belum mampu menandingi eksistensi kertas dalam kehidupan manusia. Kebutuhan akan kertas selalu ada, walaupun kita hidup di zaman serba memudahkan contoh paling kecilnya adalah Gadget selain menjadi alat komunikasi gadget juga sudah bisa menjadi sumber informasi dan menjadi pengganti buku yang bahan dasar utamanya adalah kertas.

Zaman dahulu, kertas sangat dibutuhkan untuk berkirim-pesan dengan media yang kita kenal dengan surat, namun di era teknologi semakin maju seperti sekarang ini manusia tidak lagi berkirim-pesan dengan surat melainkan dengan Gadget melalui pesan singkat. Hal ini juga tidak mengurangi eksistensi kertas beberapa orang juga masih senang berkirim-pesan walaupun mungkin hanya sekedar dengan kartu ucapan.

Mungkin itu saja seputar eksistensi kertas. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan...