Ketik untuk memulai pencarian

Blusukan Menikmati Jakarta Baru

Blusukan Menikmati Jakarta Baru

Suasana Rusun Tambora yang bersih dan nyaman foto by @Martayudapratam

Menikmati Jakarta di era ini sangat asyik. Jakarta hari ini sudah memiliki banyak fasilitas publik yang baik seperti RPTRA (ruang publik terpadu ramah anak), rusun mewah, taman-taman kota, mesjid raya, pasar modern, sungai sungai yang bersih, trotoar yang lebar yang ramah terhadap para penyandang disabilitas, RSUK Serta RSUD. 

Pertama kali saya memulai blusukan menikmati Jakarta yang semakin baik ini ketika diajak oleh Uda Hariadhi, teman sekaligus mentor saya. Kami janjian ketemu di Tanah Abang siang itu. Karena handphone saya low baterry, saya pun hilang komunikasi dengan Uda Hariadhi yang menunggu hingga sore hari. Hariadhi yang ketika itu menunggu terlalu lama, sempat marah pada saya. Akhirnya saya berhasil menghubungi dia dan kita janjian di Thamrin.

Lalu kami pun langsung mengarah ke RPTRA Meruya Utara. Dengan bantuan Google Maps, akhirnya kita menemukan alamat RPTRA Meruya Utara. Dan saya pun takjub dengan keindahan serta fasilitas yang lengkap  RPTRA Meruya Utara itu.

Walaupun kami datang ke sana pada malam hari, tetapi terlihat jelas keramaian warga yang berada di RPTRA Meruya Utara saat itu. Taman ini dilengkapi berbagai fasilitas seperti Ruang Laktasi, Gedung Serba Guna, Taman Bermain, lapangan futsal, PKK Mart, perpustakaan, tanaman hidroponik dan toilet disabilitas. 


Follow Qureta Now!

Esok harinya saya pun mulai blusukan seorang diri menikmati Jakarta. Tak hanya RPTRA yang saya kunjungi, ada juga rusun-rusun baru yang dibangun sejak tahun 2014 sampai 2016.

Rusunawa Pesakih dan Rusunawa Tambora memiliki fasilitas yang sangat baik jika dibandingkan rusunawa lainnya. Di rusun tersebut, satu unit rumah susun berisi 2 kamar, dapur, ruang tamu dan toilet lengkap dengan tempat menjemur pakaian.

Tersedia juga fasilitas lainnya seperti perpustakaan, PAUD, Puskesmas, Gedung Serba Guna, mobil sekolah gratis, mobil pelatihan kerja gratis, Transjakarta gratis. Selain itu, tersedia juga ruko yang biaya sewanya sangat murah, hanya 85 ribu per bulan dan ada RPTRA-nya juga. 

Di rusun saya bisa bermain dan belajar dengan anak-anak. Saya melihat masa depan anak-anak di rusun sangat cerah karena di sana mereka bertemu lingkungan yang baik. Juga fasilitas belajar dan bermain yang baik. Daripada mereka harus bermain di tempat kumuh di pinggir kali yang sering kebanjiran. Bila begitu terus, masa depan anak-anak itu jauh dari baik. Dengan lingkungan yang baik seperti sekarang ini, kemungkinan besar mereka tidak akan terpengaruh oleh hal-hal negatif.

Semakin hari saya semakin ketagihan untuk blusukan di Jakarta. Saya pun mengunjungi RSU Kecamatan, yang dulunya Puskesmas biasa lantas diubah menjadi Rumah sakit tipe D. Ketika itu saya mengunjungi RSU Matraman Jakarta Timur, RSU Kecamatan Pesanggrahan Jakarta selatan, RSU Kecamatan Tanjung Priuk Jakarta Utara, dan RSU Kecamatan Taman Sari Jakarta Barat. 

Fasilitas RSU Kecamatan ini sangat mewah, dengan alat-alat kesehatan yang canggih dan pelayanan yang baik. Gedungnya saja berlantai 6 dilengkapi dengan lift, ruang rawat inap yang bersih, AC, ruang poli anak, radiologi. Benar-benar lengkap. Bukan hanya itu, pasien pun bisa berobat di sini dengan BPJS Kesehatan.

Masih banyak kenikmatan-kenikmatan yang bisa kita peroleh di Jakarta yang semakin hari semakin baik dan bersih ini. Walaupun belum semuanya teratasi, tapi perubahan ini sangat baik jika diteruskan, oleh orang yang baik tentunya. Inilah ibu kota kita yang semakin hari semakin pantas disebut sebagai ibu kota. 

Martha Yuda Pratama

Belajar, belajar dan belajar terus sampai tua.

Comments

Untuk merespon artikel ini, Anda harus login atau register terlebih dahulu

© Qureta.com 2016