Ketik untuk memulai pencarian

FAQ - Pertanyaan Yang Sering Diajukan

Apakah setiap orang bisa menerbitkan tulisannya?

Iya, setiap orang bebas menerbitkan tulisannya di Qureta. Silahkan daftarkan diri Anda sebagai anggota untuk menulis, mengedit dan mengirimkan tulisan.

Apa manfaatnya menerbitkan tulisan di Qureta?

Qureta adalah sebuah outlet yang efektif bagi penulis untuk menyebarluaskan cerita atau gagasannya. Setiap tulisan yang muncul di halaman depan akan dipromosikan media sosial yang dimiliki Qureta. Qureta juga mengiklankan tulisan-tulisan yang dianggap menarik atau penting ke lebih dari 1 juta pengguna Facebook dan Twitter.

Apakah Qureta memberlakukan seleksi terhadap naskah-naskah yang masuk?

Benar. Penyeleksian dilakukan secara minimal. Maksudnya adalah jika sebuah artikel memenuhi syarat minimal, baik format tulisan maupun ukurannya, maka artikel tersebut layak diterbitkan. Namun, Qureta terpaksa akan menolak artikel-artikel yang sangat pendek (misalnya hanya 2 paragraf) atau tidak mengabaikan format tulisan (tanpa spasi atau tanpa paragraf). Lebih jelasnya, baca tautan ini.

Topik apa saja yang bisa ditulis dalam Qureta?

Qureta menerima tulisan tentang tema apa saja. Ada sekitar 25 kategori topik yang bisa dipilih para penulis. Untuk lebih jelas tentang kategori, silahkan baca artikel ini.

Apakah penulis mendapatkan honorarium atas tulisannya?

Tidak. Namun, penulis bisa mengikuti lomba esai berhadiah uang total Rp. 15 juta hingga Rp. 20 juta. Tulisan-tulisan yang disertakan dalam lomba akan diseleksi dan dinilai oleh para juri. Akan ada tiga pemenang (juara 1, 2, dan 3) dan 5 juara harapan. 

Apakah penulis bisa mengedit tulisannya yang sudah diterbitkan?

Bisa. Caranya: setelah Login masuk ke menu Navigasi (ada di bagian atas menu utama). Klik menu Naskah Saya, lalu pada kolom paling kanan ada menu Edit. Setelah selesai pengeditan naskah di-save.

Bagaimana caranya mengubah Profile?

Setelah Login, arahkan kursor ke Navigasi. Lalu, pada menu Pengaturan, klik Ubah Profil. Di halaman ini, Anda bisa mengubah nama, username dan password.

Apakah penulis bisa menghapus tulisannya?

Qureta tidak mendukung penghapusan tulisan, karena akan merusak tautan (link) yang sudah beredar. Karena itu, sebelum mengirimkan sebuah tulisan, sebaiknya dipertimbangkan dulu. Jika ragu-ragu, sebaiknya jangan dikirimkan.

Apakah boleh menayangkan ulang artikel-artikel yang sudah diterbitkan di Qureta?

Tidak. Pemuatan artikel secara utuh harus mendapatkan izin dari Qureta. Pengutipan dibolehkan dengan syarat mencantumkan alamat web Qureta.

Apa maksudnya tulisan-tulisan Terpopuler dalam Qureta? 

Terpopuler adalah daftar artikel terbanyak dibaca (view) selama satu minggu. Di halaman muka, ada 5 artikel yang ditampilkan, sedangkan di halaman dalam ada 10 artikel.

Apakah Qureta punya program aplikasi (apps) untuk iPhone dan Android?

Untuk sekarang ini, aplikasi tersebut masih dalam tahap pengembangan.

© Qureta.com 2016