Ketik untuk memulai pencarian

Cara Menggunakan Foto/Gambar

Gambar tidak hanya pelengkap bagi sebuah tulisan, tapi juga bisa menjadi penghias yang bisa membuat tulisan menarik. Tulisan yang hanya berupa teks saja akan tampak kering dan kurang berwarna. Untuk itulah, Qureta mendorong kepada setiap penulis untuk menyertakan foto/gambar sebagai ilustrasi pendukung dari tulisannya. 

Qureta sangat menganjurkan agar setiap penulis menggunakan koleksi foto/gambar pribadi. Tapi jika tidak ada, Anda bisa menggunakan koleksi foto/gambar yang tersimpan dalam situs-situs layanan foto seperti Google Images atau Flickr. Namun, agar penggunaan foto/gambar dari situs penyedia foto tidak bertentangan dengan aturan hak cipta, sebaiknya pengguna menyeleksi hanya foto/gambar yang diperbolehkan untuk ditayang-ulang.

Caranya adalah dengan memfilter pencarian foto/gambar hanya yang boleh digunakan untuk komersial. Jika Anda menggunakan Google Images, gunakan petunjuk berikut:

  1. Pada pencarian Google Images, klik Setting kemudian klik Advanced Search. 
  2. Di bagian Usage Rights, pilih menu Free to use or share, even commercially. Lalu, enter. Dan Anda bisa memilih salah satu foto/gambar yang tersedia.

Jika Anda menggunakan Flickr, gunakan petunjuk berikut:

  1. Pada tab Search, cari foto/gambar yang Anda inginkan.
  2. Lalu, arahkan kursor pada menu pilihan lisensi (defaultnya Any Licence), kemudian pilih Commercial use allowed.
  3. Anda akan dibawa ke hasil foto/gambar yang bisa digunakan secara gratis. Pilih salah satu dan save untuk Anda gunakan kemudian. 

Anda juga bisa menggunakan gambar/foto dari website Pexels. Web ini menyediakan banyak foto yang cukup bagus dan artistik. Anda bisa menggunakannya secara gratis.

Ukuran foto minimal 400 piksel (umumnya 600X400). Foto yang ukurannya kurang dari standar akan muncul tidak proporsional. Karena itu, penting memperhatikan ukuran foto/gambar sebelum Anda mengunggahnya.

© Qureta.com 2016